The-paculz

Blog Tempatnya Ilmu dan Pengetahuan

Sejarah Lampu




     Lampu pijar adalah sumber cahaya buatan yang dihasilkan melalui filamen yang kemudian memanas dan menghasilkan cahaya. Kaca yang menyelubungi filamen panas tersebut menghalangi udara untuk berhubungan dengannya sehingga filamen tidak akan langsung rusak akibat teroksidasi.
     Ide lampu sebenarnya sudah berusia 70 tahun sbelum Edison mematenkannya. Sir Humpry Davy adalah orang pertama yang mendemonstrasikan dua batang karbon yang memercikkan cahaya. Hanya saja, cahaya yang dihasilkan terlalu terang, seperti percikkan cahaya yang mengelas besi. Selain itu lampu ini membutuhkan sumber listrik yang terlalu besar. Lampu Davy masih bisa anda lihat saat konser musik atau pembukaan toko baru yang meriah.
     Pada tahun 1841, Frederick DeMolynes mematenkan bohlam yang terbuat dari campuran platina dan carbon. Empat tahun berikutnya , J.W Starr mematenkan bohlam vakum dengan bahan pembakar karbon. Kemudian, banyak orang yang berusaha memavumkan bohlam menggunakan material lain, kadang dengan bentuk yang berbeda. Penemuan mereka berhasil di laboratorium tetapi tidak bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
     Pada tahun 1878, Thomas Alfa Edison bergabung dalam kompetensi pembuatan bohlam yang efektif dan efisien. Sebelumnya, Edison sudah terkenal sebagai penemu telegraf dan fonograf. Pada bulan Oktober, dia mengumumkan bahwa dia sudah mampu mengatasi permasalahan bohlam.
     Pengumuman itu terlalu dini, Edison memang sudah punya gagasannya, tetapi dia belum menyempurnaknnya. Bicara memang lebih mudah ketimbang melakukannya, itulah yang terjadi. Dalam usaha menyempurnakan gagasannya, Edison gagal terus.
     Pada bulan Oktober 1879, setahun setelah pengumuman gagasannya, Edison menggunakan kapas yang dikarbonasi sebagai pembakar. Lampu itu menyala, tetapi hanya mampu bertahan 13 jam, itulah lampu yang di klaim sebagai bohlam pertama.
     Dalam pengembangannya, Edison menemukan bahwa bambu jepang yang dikarbonasi merupakan material yang paling tepat sebagai pembakar. Material ini kemudian dikenal sebagai filamen. Bohlam yang menggunakan filamen bertahan sampai 600 jam.
0 Komentar untuk "Sejarah Lampu"

Silahkan berkomentar dengan sopan dan bijak sesuai dengan tema artikel dan pastinya
NO SPAM NO SARA AND NO LIVE LINK ALLOWED... okk ;-)

 
Copyright © 2014 The-paculz - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info