The-paculz

Blog Tempatnya Ilmu dan Pengetahuan

Sejarah Telepone



 
         Sebelum telepon, manusia menggunakan surat dan telegraf untuk berkomunikasi jarak jauh. Kendala dari surat adalah lamanya proses penyampaian pesan, sedangkan kendala dari telegraf adalah pesan disampaikan dalam bentuk morse. Pada tahun 1800-an kantor-kantor telegraf sangat sibuk melayani orang yang ingin mengirim dan menerima pesan.
         Francis Bacon melalui bukunya (New Utopia) di tahun 1627 menulis kemungkinan transmisi suara manusia pada jarak jauh. Namun Bacon tak punya cukup pengetahuan untuk merealisasikannya. Sejarahwan mengaggap buku Bacon sebagai referensi pertama telepon.
         Di abad ke-19 itu juga mulailah terdapat berbagai percobaan untuk mendapatkan alat untuk komunikasi yang lebih efektif. Percobaan terkait bunyi, listrik dan telegraf. Di tahun 1865 Alexander Graham Bell turut melakukan percobaan dengan mengukur tinggi rendah nada dan getaran bunyi. Bell tertarik meneliti kemungkinan bisa atau tidaknya bunyi dikirim secara elektrik melalui kawat telegraf.
         Ide membuat telepon didapat Bell saat membuat alat yang dinamai telegraf harmonis. Tahun 1875, Bell membantu Thomas Watson (asistenya) melakukan penelitian terhadap gelombang bunyi yang merambat melalui telinga manusia. Pada tanggal 7 Maret 1876, Bell mengajukan paten atas alat ciptaanya yang mampu menghasilkan bunyi tertentu.
         Setelah berhasil membuat telepon, Bell kemudian memperkenalkannya kepada publik. Tahun 1876, Bell dan Watson menguji coba komunikasi telepon jarak jauh hingga jarak 8 mil. Setelah perusahaan Bell Telephone Company terus menyempurnakan telepon dan memperluas jaringannya.
         Pada tahun 1915, Bell berhasil melakukan telepon lintas benua dari New York ke San Fransisco. Tahun 1956, kawat telepon internasional di pasang melintasi Samudra Antlantik. Masih di tahun yang sama satelit telepon pertama kali diluncurkan ke ruang angkasa, dan akhirnya jaringan telepon menyebar ke seluruh dunia.

0 Komentar untuk "Sejarah Telepone"

Silahkan berkomentar dengan sopan dan bijak sesuai dengan tema artikel dan pastinya
NO SPAM NO SARA AND NO LIVE LINK ALLOWED... okk ;-)

 
Copyright © 2014 The-paculz - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info