The-paculz

Blog Tempatnya Ilmu dan Pengetahuan

Cara Memperbaiki Bootloop Pada Android


Kecanggihan gadget semakin memudahkan penggunanya dibidang komunikasi. Secanggih - canggihnya Smartphone namun ada rusak dan errornya juga salah satunya ialah proses Bootloop yang terjadi di setiap tipe Handphone Android tersebut. Jadi Pengertian Bootloop adalah Suatu proses gagal booting yang terjadi karena masalah kerusakan pada system android dimana device/perangkat gagal startup sehingga Hp Tidak bisa menyala dan biasanya berhenti di logo android saja dan tidak mau masuk pada menu home.


Penyebab dan Cara Mengatasi Android BootLoop
Beberapa hal penyebab terjadinya bootloop :

1. Android Light Bootloop
Biasanya karena pengguna ponsel Android,tablet pada saat pemakain normal,Install Aplikasi, main game, dsb, tapi tiba-tiba Android, Tablet anda Reboot atau Restart otomatis, namun saat dihidupkan lagi hanya sampai logo saja dan berhenti disitu.
    Cara mengatasinya
Untuk memperbaiki perangkat yang mengalami bootloop ringan tidak diperlukan langkah-langkah teknis. Matikan perangkat Anda (jika hidup) kemudian cabut memori, kartu dan baterai. Kemudian diamkan selama 30 menit sampai 24 jam. Setelah itu pasang dan hidupkan kembali. Lalu amati, jika masalah bootloop masih terjadi maka lanjutkan ke solusi kedua.

2. Android Medium Bootloop
Biasanya muncul akibat pengguna mengutak-atik Android dan masuk ke System Recovery, yang biasa digunakan untuk membuka system (rooting). Dan ini termasuk kategori kerusakan menengah.
    Cara Mengatasinya
Untuk mengatasi tipe bootloop seperti ini cara mengatasinya adalah dengan melakukan backup data android jika terjadi masalah yang tidak di inginkan. Anda harus memiliki file backup android milik anda, jika terdapat beberapa file penting di dalamnya. selanjutnya lakukan restore baik yang original maupun yang CWM.

3. Android Hard Bootloop
Android hard bootloop terjadi karena kita mengedit sricpt dalam Android . Contohnya, Meng-upgrade OS, biasanya jika kita bermaksud mengedit sricptnya kita harus rooting Android kita supaya bisa masuk ke system admin android. Bootloop Android jenis ini biasanya memiliki ciri saat dinyalakan hanya sampai logo saja, tak bergerak lagi.
   Cara mengatasinya
  • Salah satu cara untuk mengatasi bootloop adalah kembali ke pengaturan pabik atau factory reset. Tapi bagaimana caranya sedangkan ponsel gagal booting. Nah, solusinya kita harus masuk ke Recovery Mode.
  • Untuk masuk ke recovery mode biasanya dapat dilakukan dengan menekan tombol Home + Volume Up + Power secara bersamaan, namu setiap merk caranya beda-beda. Berikut adalah daftar cara masuk ke recovery mode berdasarkan merk yang saya ketahui:
Samsung
Galaxy Gio / Fit / Mini / ACE: Home + tombol Power
Galaxy Young / young duos / Pocket: Tekan tombol Home + Volume Up + Power
HTC
Power + Volume Down + Power On (secara bersamaan sampai muncul recovery mode)
HUAWEI
tombol Power + volume up + Tombol Power
LG
tombol Home + Volume Up + Power
Andromax
tombol Home + Volume Up + Power
ADVAN VANROID
Power + Tekan Volume Down sampai keluar gambar Android dan tanda segitiga lalu tekan tomboh Home
CROSS
Power + Volume DOWN
  • Sekarang silahkan dicoba sesuai dengan merk masing-masing, jika berhasil Anda akan melihat gambar seperti ini. Gunakan tombol volume untuk menggerakkan kursor dan tombol Power untuk mengesekusi. Dimulai dengan mengarahkan kursor ke Wipe data/factory reset dan tekan tombol power.


cara mengatasi bootloop android

  • Kemudian arahkan kembali kursor ke Yes — delete all user data dan tekan tombol power. Berikutnya perangkat akan memproses permintaan reset yang Anda minta. Beberapa perangkat ada yang langsung restart, tapi beberapa lainnya hanya memberi informasi selesai.

cara mengatasi bootloop android

  • Jika perangkat tidak restart, arahkan kursor ke opsi reboot system now dan tekan tombol power. Sampai di sini tugas Anda sudah selesai separuhnya, setelah perangkat berhasil restart dan masuk ke sistem. Tugas baru pun menanti.

cara mengatasi bootloop android
Langkah berikutnya relatif mudah, silahkan atur kembali akun Anda, kemudian unduh aplikasi-aplikasi yang Anda inginkan atau restore hasil backup jika punya.

Note : Pada masalah  factory reset ternyata tidak bisa mengatasi masalah boot loop atau Android tetap tidak bisa masuk ke menu, maka solusi yang biasa dilakukan adalah dengan cara melakukan flash firmware, atau install ulang sistem operasi handphone.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.






0 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Bootloop Pada Android"

Silahkan berkomentar dengan sopan dan bijak sesuai dengan tema artikel dan pastinya
NO SPAM NO SARA AND NO LIVE LINK ALLOWED... okk ;-)

 
Copyright © 2014 The-paculz - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info