The-paculz

Blog Tempatnya Ilmu dan Pengetahuan

Biografi DR. Abu Ameenah Bilal Philips ( Penggila Marxisme yang Menjadi Pakar Islam )


http://static.republika.co.id/uploads/images/kanal_slide/bilal_philips_110222082739.JPG 

DR. Abu Ameenah Bilal Philips, merupakan seorang mualaf yang mengabdikan dirinya pada pendidikan Islam. Ia sangat terpesona pada agama yang dibawa Rasulullah ini hingga mempelajarinya ke Haramain, tanah kelahiran Islam. Setelah mumpuni berislam dari Universitas Madinah dan Universitas King Saud Riyadh, ia pun menjadi dosen teologi Islam bahkan membentuk Islamic Online University yang berpusat di Qatar. Tak heran jika Bilal tumbuh menjadi seorang Kristen yang taat. Di usia 11 tahun, Bilal ikut keluarganya pindah ke Kanada. Di kota itulah ia kemudian mengenyam pendidikan dan tumbuh dewasa.
Bilal dan keluarganya sempat pindah ke Malaysia. Disanalah kontak pertama Bilal dengan Islam. Namun Bilal belum tertarik pada agama rahmatan lil alamin ini. Saat itu Bilal masih masih sangat muda dan lebih suka bermain musik rock ketimbang memikirkan agamanya.
Setelah menjadi pakar Islam, Bilal pun membagi ilmunya di banyak negara. Ia menjadi guru di Riyadh, menjadi dosen di UEA hingga berdakwah di Filiphina. Enggan membuang waktu, ia pun kemudian membangun kampus sendiri dengan pengajaran online, yakni Islamic Online University yang berpusat di Qatar.

 Pengalaman Spiritual

Hingga memutuskan bersyahadat, Bilal sesungguhnya pernah mengalami sebuah peristiwa spiritual yang menegangkan. Kepada Saudi Gazette Bilal mengakui bahwa selama mempelajari Islam otodidak, ia hanya jatuh hati pada gaya politik Islam. Namun dalam hal keimanan, ia belum mampu membangunnya di hati. Konsep Tuhan yang selama ini ia pahami dalam filsafat komunis tentu sangat jauh berbeda dari Islam. "Dalam hati saya gagasan yang kabur tentang Allah masih ada,” ujarnya.

Keimanan pada Allah baru dirasakan Bilal setelah mengalami peristiwa menegangkan dalam mimpinya. Bilal bermimpi mengendarai sepeda ke gudang. Ia memasukinya dan segalanya gelap gulita. Bulu kuduk Bilal berkidik. Ia berusaha pergi darisana. Tapi sejauh apapun ia pergi, ia tak kunjung mampu keluar. “Serasa akan mati,” kisah Bilal.

Ia diliputi  ketakutan yang sangat karena berada di ruang yang amat sangat gelap, tak ada setitik cahaya pun. Bilal pun mulai menjerit mencari pertolongan. Namun tenggorokannya tiba-tiba sesak tak mampu bersuara. Ia berusaha keras meminta bantuan, namun tak ada yang mampu ia lakukan. Badannya lemas, ia menyerah. Bilal pun terbangun.

Perjalanan karir 

DR. Abu Ameenah Bilal Philips dilahirkan di Jamaika. West Indies, dan di besarkan di Kanada, ia masuk islam pada tahun 1972. Ia menyelesaikan gelar BA dari fakultas di universitas madinah pada tahun 1979 dan gelar MA dalam teologi islam di fakultas pendidikan. Universitas Riyadh pada tahun 1985 sebelum akhirnya menyelesaikan studi PhD dalam teologi islam di departemen studi islam ( University of Wales ).
Sejak tahun 1994 hingga 2001, Bilal mendirikan dan memimpin Islamic Information Center ( yang sekarang dikenal sebagai lembaga Discover Islam ) di Dubai, UEA dan Departemen Sastra Asing pada Dar al-Fatah Islamic Press di Sharjah UEA. Pada tahun 2001, beliau mendirikan dan memimpin Islamic Online University yang merupakan universitas islam online pertama yang terakreditasi ( www.islamiconlineuniversity.com ) dan meluncurkan program BA di tahun 2010. Kini dari 100.000 mahasiswa dari berbagai belahan dunia yang tersebar di 207 negara terdaftar di Islamic Online University. Beliau juga pernah menjabat sebagai profesor studi islam dan arab di American University di Dubai dan Preston University Ajman, juga menjadi pendiri dan Dekan Departemen Studi Islam di Preston University Ajman pada tahun 2008, beliau mendirikan dan memimpin departemen the English Medium Islamic Studies di Knowledge International University yang rektornya adalah Syaikh Dr. Abdur Rahman Bin Abdil Aziz Al-Sudais dan presidenya dewan pembinanya adalah Syaikh Abdul Aziz Bin Abdullah Al Syaikh, seorang mufti Arab Saudi di tahun 2009, beliau juga mendirikan dan memimpin College of Da'wah and Islamic Culture di Omdurman Islamic University Sudan serta mendirikan dan mengurus Preston International College ( www.prestonchenai.ac.in ) di Chenai, India.


0 Komentar untuk "Biografi DR. Abu Ameenah Bilal Philips ( Penggila Marxisme yang Menjadi Pakar Islam )"

Silahkan berkomentar dengan sopan dan bijak sesuai dengan tema artikel dan pastinya
NO SPAM NO SARA AND NO LIVE LINK ALLOWED... okk ;-)

 
Copyright © 2014 The-paculz - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info