The-paculz

Blog Tempatnya Ilmu dan Pengetahuan

Cara defragmenter harddisk di windows 7

Salah satu komponen  yang paling penting pada sebuah laptop atau PC ialah harddisk. Sebuah harddisk biasa digunakan sebagai tempat menyimpan berbagai file baik itu gambar, video, software dan berbagai file penting lainnya. Mungkin bisa anda bayangkan bagaimana rasanya jika file penting seperti album foto anda atau bahkan data skripsi anda yang anda simpan di harddisk laptop atau PC  anda tidak dapat dibuka lagi dikarenakan harddisk anda mengalami kerusakan. Pasti anda akan merasa pusing dan rasanya seperti langit roboh dan menimpa anda. Jadi untuk mengantisipasi hal yang demikian maka anda perlu mengetahui bagaimana cara perawatan harddisk itu sendiri. Dan salah satu cara merawat harddisk yakni dengan melakukan defrag secara berkala. 
Defragment harddisk ialah fitur bawaan windows yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja komputer agar lebih baik lagi. Disk Defragmenter menata kembali data, file, software yang terfragmentasi sehingga hardisk komputer dapat bekerja lebih efisien , lebih terstruktur dan lebih cepat. Dengan melakukan defrag harddisk secara berkala dapat mengurangi resiko kerusakan baik itu bad sektor yang dapat mengurangi masa pemakaian harddisk.

Adapun cara mendefrag harddisk di windows 7 :

1. Klik ikon windows, dan ketikan "disk defragmenter" (tanpa tanda kutip) pada kotak search, kemudian tekan Enter, atau biasanya sudah terlihat diatasnya. Alternatif lain yaitu dengan cara Klik ikon windows - All Programs - Accessories - System Tools - Disk Defragmenter.

defragment 

2. Seperti gambar diatas ada beberapa partisi Hard Disk yang mau di defragment, pilihlah windows yang sesuai.

3. Klik Defragment disk pada Partisi Hard Disk sesuai pilihan. Rekomendasi cukup yang sistem windowsnya saja. Tunggulah beberapa saat tergantung dari spesifikasi komputer kecepatannya.

4. Terakhir jangan lupa setting Defragment disk ini manual saja. Diatas ada tombol "Turn off schedule..." Hilangkanlah check list sehingga fitur ini berfungsi manual.

5. Jika sudah selesai, restart komputer/laptop.


0 Komentar untuk "Cara defragmenter harddisk di windows 7"

Silahkan berkomentar dengan sopan dan bijak sesuai dengan tema artikel dan pastinya
NO SPAM NO SARA AND NO LIVE LINK ALLOWED... okk ;-)

 
Copyright © 2014 The-paculz - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info