The-paculz

Blog Tempatnya Ilmu dan Pengetahuan

Tari Serimpi


   

    Tarian serimpi ini diciptakan pada zaman Sultan HamengkuBuwono V (1822-1855) dikenla dengan nama " srimpi hadi wulangun bronto " yaitu kisah asmara yang luhur antara Dewi Renggowati dari bojonegoro dengan prabu Anglingdrama dari malowopati, sekarang lebih diekenal dengan srimpi renggowati.
     Berlainan dengan tari srimpi yang umunya terdiri atas empat orang penari, srimpi renggowati ini dilakukan oleh lima orang penari wanita, akan tetapi penari srimpi itu sendiri memang empat orang, yang kelima adalah penari sebagai Dewi Renggowati. Ketika keempat penari srimpi itu menari, Dewi Renggowati diam saja. Baru setelah yang keempat duduk, ia mulai menari.
     Dalam pertunjukan lain, Srimpi Renggowati menggunakan gaya zaman sultan hamengkubuwono VII akhir, yaitu tetap masih dengan paes dan gelung bokor, tetapi memakai baju seperti srimpi umumnya dengan kain dan seredan sebelah kiri.
     Sesuatu yang khas dalam rangkaian gendhing yang mengiringi tari srimpi ini adalah karena dua pathet dalam laras slendro sanga dan pathet manyura telah disatukan dalam komposisi gendhing secara utuh bersambung. Pada permulaanya mempergunakan lagu-lagu laras slendro pathet sanga, namun berakhir dengan lagu-lagu laras slendro pathet manyura
0 Komentar untuk "Tari Serimpi"

Silahkan berkomentar dengan sopan dan bijak sesuai dengan tema artikel dan pastinya
NO SPAM NO SARA AND NO LIVE LINK ALLOWED... okk ;-)

 
Copyright © 2014 The-paculz - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info