The-paculz

Blog Tempatnya Ilmu dan Pengetahuan

Cara Setting SEO Plugin / Yoast SEO di WordPress

Cara Setting WordPress SEO Plugin – Mengaplikasikan teknik SEO dalam mengurus sebuah blog adalah hal wajib yang harus kamu ketahui, kalau kamu ingin memperoleh pengunjung cuma – cuma dari Google, tanpa repot berkomentar di blog teman, minta kunjungan balik dan komentar balik, posting updati di grup Facebook dan Forum atau bahkan pasang Iklan.
Maka kali ini sebelum kamu bisa menggunakan Yoast SEO, saya akan memberikan panduan tentang Cara Setting WordPress SEO Plugin / Yoast SEO berdasarkan pengalaman saya selama ini. Tapi ini baru cara settingnya loh ya, belum cara menulis biar semakin optimal nanti SEO posting kamu.

Cara Setting WordPress SEO Plugin

Cara Setting WordPress SEO Plugin – Dashboard

Cara Setting WordPress SEO Plugin - General Settings
Tidak banyak yang perlu kita setting di sini, centang yang atas itu bisa kita hilangkan saja sebenarnya, namun kalau begitu juga tidak apa – apa, toh tidak ada efeknya. Masukkan data Google Webmaster tool, Bing Webmaster Tool sama Alexa Verification ID kamu untuk memudahkan pengaturan blog dari berbagai tool webmaster itu.

Cara Setting WordPress SEO Plugin – Title dan Meta

Cara Setting WordPress SEO Plugin - Title dan Meta
Untuk Cara Setting WordPress SEO Plugin bagian Title dan Meta ini, ada beberapa tab, pada tab general adalah settingnya seperti di atas itu, semua dicentang kecuali use meta keywords tag. Karena Keyword sekarang tidak diperhatikan Google sama sekali.
Cara Setting WordPress SEO Plugin - Home Title dan Meta
Pada tab home adalah untuk pengaturan title saat halaman depan blog dibuka. Kemudian untuk meta description adalah penjelasan dari blog kita. Kadang ini sama dengan tagline, tapi lebih mantabnya saya lebih suka menulisnya manual saja.
Cara Setting WordPress SEO Plugin - Post Title dan Meta
Sedang untuk setting meta untuk posting dan halaman saya biarkan begitu saja. Saya cenderung lebih suka mengedit meta title dan description yang ada pada tiap posting dan halaman secara manual. 
Pengaturan Yoast WordPress SEO- Titles & Meta LainnyaPada setting meta tag lain – lain, kita centang saja semuanya, sesuai dengan saran Yoast, karena dengan begitu kemungkinan adanya duplicated content yang terindeks Google bisa dihindari.

Cara Setting WordPress SEO Plugin – Social

Cara Setting WordPress SEO Plugin – SocialPada halaman social, setting admin dengan menekan tombol untuk menjadi Admin Facebook blog yang sedang disetting. Setelah masuk, langsung saja masukkan URL dari halaman resmi Facebook blog. Untuk tab twitter tinggal masukkan saja handle @blogkamu. untuk blog ini memang tidak saya buatkan twitter sendiri.
Sedang tab Google Plus untuk menampilkan Authorship kamu atas blog, biasanya data diambil dari saat kamu mengisi form Google Plus di Profil, untuk kolom kedua kalau kamu membuat halaman di Google Plus untuk blog kamu, masukkan saja URLnya disana.

Cara Setting WordPress SEO Plugin – XML Sitemaps

Cara Setting WordPress SEO Plugin – XML Sitemaps
Tidak banyak yang perlu kita rubah dalam Cara Setting WordPress SEO Plugin pada bagian XML Sitemaps ini selain centang pada check box paling atas untuk mengaktifkan Google XML Sitemaps dari Yoast SEO. Kalau ada yang tidak boleh diindex, klik aja satu – satu bagian exclude itu.

Cara Setting WordPress SEO Plugin – Permalinks

Setting WordPress SEO Yoast - PermalinksCara Setting WordPress SEO Plugin / Yoast SEO untuk bagian permalink bisa dengan mencetang 2 checkbox diatas gambar itu, bisa membuang /category/post dari URL arsip blog. Selebihnya centang seperti itu juga.

Setting WordPress SEO Plugin – Internal Linking

Cara Setting WordPress SEO Plugin - Internal Links-Breadcrumb
Ini adalah bagian dimana kita bisa mensetting link dalam blog kita, biasanya dari sini nanti akan ada breadcrumb saat sudah  benar disetting. Untuk menambahkan breadcrumb di atas title posting kamu perlu mengedit file single.php dari themes kamu kalau tidak support otomatis.
Dua menu selanjutnya, RSS dan Export Import bisa dilewati saja, terutama kalau seperti saya jarang ganti – ganti plugin SEO.

Setting WordPress SEO Plugin – Edit Files

Bagian ini berguna jika kita memerlukan perubahan settingan robots.txt dan jugafile .htaccess pada server kita. Robots.txt berisi aturan yang harus diikuti mesin pencari dalam mengindeks halaman kita, berisi direktori yang boleh dan tidak boleh diakses.
Sedang .htaccess file berisi konfigurasi server kita, bisa berkaitan dengan pretty permalink, atau digunakan untuk melarang gambar ditampilkan dari website orang lain.

Penutup Cara Setting SEO Plugin / Yoast SEO di WordPress

Cara Setting WordPress SEO Plugin / Yoast SEO ini bukan sesuatu yang wajib benar – benar harus diikuti, tiap orang punya kebutuhan sendiri – sendiri dalam ensetting blog mereka. Tapi berdasarkan pengalaman saya ya seperti itu yang terbaik.
SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERMANFAAT...
0 Komentar untuk "Cara Setting SEO Plugin / Yoast SEO di WordPress"

Silahkan berkomentar dengan sopan dan bijak sesuai dengan tema artikel dan pastinya
NO SPAM NO SARA AND NO LIVE LINK ALLOWED... okk ;-)

 
Copyright © 2014 The-paculz - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info